Persiapan Diri Ketika Mendaki Gunung

jelajahnusatravel.com

Mengenal Apa Saja Persiapan Ketika Hendak Mendaki Gunung
Mari kita simak ulasan tersebut sampi selesai.

Mendaki gunung seperti kegiatan petualangan lainnya merupakan sebuah aktivitas olahraga yang cukup berat. Kegiatan ini memerlukan kondisi kebugaran pendaki yang prima. Bedanya dengan olahraga lain, olahraga ini dilakukan di tengah alam terbuka liar,sehingga bisa saja menimbulkan bahaya yang tidak bisa di duga-duga sebelumnya.

Hanya saja, sering kali pendaki pemula menganggap olahraga ini sebagai rekreasi biasa. sehingga menganggap remeh dan membawa makanan seadannya, tidak jarang mereka hanya memakai pakaian yang ala kadarnya seperti kaos oblong dan tidak mementingkan keselamatan mereka.

sumber foto

– Sekarang Kita masuk Apa Saja Persiapan Ketika Hendak Mendaki Gunung –

Persiapan Umum untuk mendaki antara lain kesiapan mental, fisik, etika, pengetahuan dan keterampilan yang anda punya.

* Kesiapan mental *

Kesiapan Mental cukup penting untuk anda,jika kalau mentalnya sedang Fit makan Fisikpun akan Fit juga,Bisa saja terjadi sebaliknya.

* Kesiapan Fisik *

Beberapa latihan fisik juga perlu dilakukan sebelum melakukan pendakian untuk sekedar merenggakan otot-otot anda. contohnya anda bisa jogging atau berolahraga di halaman rumah, apapun olahraganya usahakan olahraga itu nyaman untuk anda lakukan.

*Kesiapan Pengetahuan Dan Keterampilan *

Sebelum melakukan pendakian anda harus tau bagaimana kondisi cuaca,administrasi,dan jalur yang akan anda lewati nanti, carilah referensi terlebih dahulu tentang apa yang akan anda tuju,Serta cari tau apa keterampilan anda akan berguna atau tidak ketika sedang disana.

sumber foto

Sikap Ketika Sedang Suvival

Sikap cepat tanggap dalam keadaan darurat sangat diperlukan. Setiap orang harus dapat berbuat yang terbaik dalam memprioritaskan pandangan terhadap lingkungan darurat. Hal ini tidak mudah karena sikap ini perlu latar belakang pengetahuan dan keterampilan. Bila semua prioritas telah diperoleh, tetapi masih kehilangan kemauan untuk hidup atau kemampuan untuk menguasai mental yang disebabkan kondisi fisik, maka akhirnya akan hilang sama sekali. Kondisi yang demikian sangat membahayakan dan bahkan sesuatu yang menguntungkan pun akan dibuangnya. Juga yang perlu diingat janganlah meremehkan sesuatu yang anda lihat. Sikap mental positif sangat diperlukan untuk menganalisa semua yang bertentangan dengan tubuh.

Situasi Survival dapat dilihat dalam 2 persoalan :

1. Kesiapan mendiskusikan dengan jelas “apakah anda ingin hidup ?”, ungkapan yang sederhana. Secara naluriah manusia mempunyai insting untuk menjaga diri. Banyak kegiatan survival yang menunjukkan adanya jalan keluar dari periode fisik ekstrem dan mental stress ke posisi tenang. Sadar atau tidak orang mempunyai kekuatan untuk dirinya sendiri terhadap kematian. Oleh karena itu setiap orang juga mempunyai kekuatan untuk dirinya sendiri terhadap kehidupan.

2. Kemampuan untuk memecahkan persoalan, hal ini didapat jika kita mampu mempertahankan kondisi tubuh. sebagai contoh : tubuh manusia bekerja optimum dengan temperatur 37 derajat C. Mengabaikan temperatur lingkungan akan menyebabkan penyempitan susunan fungsi inti didalam tubuh yang efektivitasnya tinggi yang pada akhirnya akan mengganggu peredaran darah, menurunkan aktivitas sel, dan akhirnya otak cepat kehilangan hubungan dengan realitas, akhirnya bertindak irrasional berbarengan dengan turunnya koordinasi yang akhirnya berakibat fatal. Pengetahuan dan pengalaman tidak ada artinya kalau tubuh hanya bekerja dengan separuh kemampuannya, penghematan sumberdaya seperti energi, panas dan air adalah penting.

Demikian Ulasan tentang Persiapan Diri ketik mendaki.
Tunggu ulasan berikutnya tentang Ilmu pengetahuan tentang Gunung
Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*