Langkah awal melakukan perjalanan Pendakian

JELAJAHNUSAINFO– Langkah awal melakukan perjalanan

Untuk beraktivitas di alam terbuka, diperlukan suatu perencanaan serta persiapan yang baik, juga memerlukan perlengkapan dan perbekalan yang dapat menunjang jalannya kegiatan, karena baik tidaknya perencanaan akan membawa kita pada dua kondisi dan situasi yaitu: membahayakan atau mengasyikan.

Semua aspek aktivitas tersebut pada umumnya  harus dipertimbangkan dengan baik, sebab keberhaslian suatu kegiatan di alam terbuka juga ditentukan oleh perencanaan dan perbekalan yang tepat.

Karena apapun kegiatan perjalanan yang dilakukan tujuannya ; kembali pulang ke rumah dengan selamat.

Harap di perhatikan langkah awal melakukan perjalanan.

1.  Sebelum melakukan suatu jenis perjalanan, pasti kita sudah benar-benar mengetahu apa yang akan kita lakukan?

Kegiatan pendakian gunung dan penyusuran gua jelas berbeda. Persiapan peralatan, perbekalan dan juga jenis latihannya pun sangat berbeda.

2. Siapa atau dengan siapa kita akan melakakukan perjalanan ?

Seorang yang sudah terlatih atau yang senang berlatih dengan yang tidak terlatih, jelas membutuhkan persiapan yang berbeda. Pasti juga membutuhkan persiapan yang berbeda apabila melakukan perjalanan bersama orang yang terlatih dengan perjalanan anak Sekolah Dasar (SD) pada saat pendakian ke Gunung Semeru. “Perbedaan dapat terletak pada jenis kegiatan, jenis peralatan, dan perbekalannya.”  Harap di pahami dengan seksama, siapa dan dengan siapa perjalanan tersebut akan dilakukan.

3. Tempat mana yang akan didatangi?

Selain faktor teknis, sebaiknya juga dipelajari faktor non-teknis. Dan cari tau tempat yang ingin kita datangi. Kondisi sosial budayanya lebih baik juga dipelajari lebih dahulu. “Perencangan teknis suatu jenis kegiatan pun jelas berbeda. Perancangan teknis untuk menyelam dan mendaki gunung sangat jelas berbeda”. Ketahuilah kemana kalian akan melakukan perjalanan.

4. Berapa lama kegiatan tersebut akan dilakukan?

Harap di perhatikan berapa lama kegiatan tersebut akan dilakukan. Ini berhubungan dengan jenis peralatan dan perbekalan yang akan dibawa.  Paling kita akan menghadapi hujan kabut atau kabut rimba yang dapat menyesatkan dan mendatangkan hypothermia. 

5. Mengapa kita melakukan kegiatan tersebut?

Banyak jenis kegiatan yang dapat kita lakukan. Baik petualangan, perjalanan wisata dan lainnya.  Bila kita mengetahui tujuan kita datang ke suatu lokasi maka kita akan meyiapkan segala sesuatu dengan lebih efektif dan efisien.

6. Bagaimana kita merealisasikan rencana yang telah kita buat?

Ide suatu perjalanan biasa muncul dari satu orang dengan tujuan umum tertentu. Perlu di ingat sebelum membentuk tim atau pemlilihan personil, si penanggung jawab ide harus memahami mengenai bentuk dan tujuan perjalanan yang diusulkan.

Beberapa faktor yang harus kalian ketahui langkah awal melakukan perjalanan

a. Faktor Alam

Faktor Alam mencangkup pemahaman mengenai lokasi tujuan, medan yang dihadapi, iklim daerah yang dituju, dan hal lainnya yang berkaitan dengan lingkungan. Pengantisipasian hal ini adalah melakukan studi literatur yang baik, analisa peta, informasi dari pemerintah setempat, hubungan dengan badan yang terkait.  Dengan mengetahui semua hal tersebut, dapat direncanakan waktu (musim) yang tepat untuk melakukan perjalanan serta dapat di pilih rute perjalanan yang paling baik dan seusai dengan kebutuhan atau keinginan.

b. Faktor Peserta

Adapun hal yang berhubungan dengan personil peserta perjalanan, mencakup pemilihan personil, kepemimpinan (leadership), hierarki, deskripsi kerja, dan tanggung jawab para peserta perjalanan, serta kemampuan setiap peserta perjalanan.

c. Faktor Perlengkapan Dan Perbekalan

Faktor ini meliputi:

  • dasar : biasa dipakai atau sesuai dengan daerah tujuan.
  • khusus : diperlukan sesuai kondisi di lokasi kegiatan.
  • tambahan :  tidak terlalu dibutuhkan tetapi perlu untuk dibawa.
  • konsumsi dan keuangan : merupakan perhitungan dana sesuai dengan kebutuhan.

Apabila perjalanan dilakukan secara berkelompok, maka buatlah check-list untuk perlengkapan pribadi dan regu, apakah semua perlengkapan dan perbekalan yang kita perlukan dapat diperoleh di perjalanan atau tidak.

d. Faktor Transportasi Dan Akomodasi

Dalam kegiatan perjalanan di alam terbuka, perlu ditekankan mengenai leader (ketua). Untuk mengambil keputusan yang sering kali harus diambil segara. Hal ini harus ditanamkan sejak awal. Leader lah yang menentukan suatu perjalanan berjalan dengan baik atau tidak. Suatu kelompok perjalanan di alam terbuka tidak akan terlaksana dengan baik jika dipimpin oleh sekelompok orang.

Satu hal yang harus kalian ingat “Kekuatan dari rantai baja terletak pada mata rantai yang paling lemah“. Setiap peserta punya peran dan porsi nya masing-masing dalam memajukan dan keselamatan kelompoknya. Rantai yang lemah akan mengganggu kelancaran kegiatan, usahakan semua dalam keadaan baik dan saling mendukung.

Baca juga Estimasi gunung gede 2020

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *