Total Biaya ke Pulau Komodo Terbaru

JELAJAHNUSAINFO – Kali ini Jelajah Nusa akan menjabarakan Total Biaya Ke Pulau Komodo Terbaru. Diharapkan setelah membaca ulasan ini, Anda bisa memiliki gambaran apa saja yang harus dipersiapkan sebelum liburan dan berapa kisaran biaya yang dibutuhkan.

Total Biaya ke Pulau Komodo

Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah lama menjadi daya tarik para wisatawan, baik itu lokal maupun manca negara. Kehadiran binatang purba di area ini yang membuat banyak orang ingin melihat langsung keberadaan komodo.

Kalau Anda menggunakan jasa agen perjalanan, biasanya tidak hanya Pulau Komodo, Anda juga akan dibawa berkeliling sepanjang Labuan Bajo menggunakan kapal. Adapun paket perjalanan ini dimulai dengan harga Rp 1.400.000. Tentunya angka ini tidak termasuk tiket pesawat dari Jakarta ke NTT, sekitar Rp 2 juta per orang untuk satu kali perjalanan.

Sedangkan, jika Anda ingin melakukan perjalanan sendiri, bisa membuat perhitungan sesuai informasi berikut ini:

Pertama, tiket pesawat dari Jakarta ke Labuan Bajo. Anda harus sedia sekitar Rp 4 juta untuk tiket pesawat pulang pergi. Kemudian untuk biaya penginapan selama di Labuan Bajo, bisa dipilih apakah Anda ingin menginap di hotel atau penginapan yang murah seperti hostel. Tarif hotel di sana berkisar antara Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu per malam.  Sedangkan, tarif hostel hanya Rp 150 ribu semalam. Kalaupun lebih, tidak akan semahal hotel.

Pulau Komodo

Lalu biaya transportasi menggunakan kapal berkisar di angka Rp 1,7 juta sampai Rp 2,5 juta. Perbedaannya adalah Rp 1,7 juta sampai Rp 2 juta bukan kapal dengan pendingin ruangan (AC). Anda bisa menikmati AC jika menggunakan kapal bertarif Rp 2,5 juta ke atas.

Kapal akan berlayar selama 3 hari 2 malam untuk mengelilingi pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo, termasuk Taman Nasional Komodo. Nah, biaya makanan Anda hanya perlu memikirkan biaya makanan saat di darat saja. Hal ini karena selama berlayar, makanan disediakan selama 3 hari 2 malam di dalam kapal. Kalau mau murah, cukup cari makan di warung-warung pinggir jalan.

Jadi kalau dihitung-hitung, baik dengan paket perjalanan maupun sendiri, biaya berlibur ke Pulau Komodo bisa mencapai Rp 4,5 juta sampai Rp 5 juta per orang.

Berhubung dengan adanya penataan kawasan wisata oleh pihak pemerintah daerah setempat, Anda tidak bisa masuk ke Pulau Komodo pada tahun 2020 nanti hingga 2021.

KeteranganEstimasi Biaya
Tiket pesawat Jakarta-NTT PPRp 4 juta
Penginapan:
Hostel
Hotel
Rp 600.000- Rp 1 juta
Rp 300.000
Transportasi kapal:
Tanpa AC
Dengan AC
Rp 1,7 juta – Rp 2 juta
Rp 2,5 juta
Makan selama di darat (sebelum masuk kapal)Rp 120.000

Sudah siap jalan-jalan?

Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi keuangan sebelum dan setelah liburan. Jangan sampai liburan membuat Anda tiba-tiba kekurangan uang.

Demikianlah pengeluaran sederhana yang kami sampaikan, semoga menjadi referensi atau gambaran pengeluaran anda untuk berlibur ke Raja Ampat yah, selamat berlibur!!! semoga menyenangkan!!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *