Estimasi Waktu dan Biaya Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng – Dari Jakarta

Gunung Prau

 

Jelajahnusatravel.com – Berikut ini akan kami sampaikan mengenai Estimasi Waktu dan Biaya Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng – Dari Jakarta.

Hallo genk!! Sebelum kita mulai baik nya kalian harus tau dulu nih dimana gunung Prau berada.

Menurut Wikipedia, Gunung prau terletak di  terletak di kawasan Dataran Tinggi DiengJawa TengahIndonesia. Gunung Prahu terletak pada koordinat 7°11′13″S 109°55′22″E. Gunung Prahu merupakan tapal batas antara empat kabupaten yaitu Kabupaten BatangKabupaten Kendal, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo.

"<yoastmark
Gunung Prau

Gunung Prau

Gunung Prau merupakan gunung yang sangat dikagumi dan favorite bagi para pendaki nih. Karna track yang cukup untuk para pemula dan keindahan padang rumput dan view pegunungan sekitar yang akan memanjakan mata kalian tentunya.

Gunung prau merupakan padang rumput dari barat ke timur, sangat luas kan? banyak bukit-bukit kecil dan pepohonan yang jarang, membuat view disekeliling gunung ini terlihat. Oiya Gunung Prau juga cocok loh untuk pemula.

Berikut ini kami akan menjelaskan biaya dan estimasi waktu dari Jakarta ke wonosobo.

Terminal Kp. Rambutan (Jakarta) – Terminal Mendolo (Wonosobo)

Jika kalian berangkat dari jakarta, kalian bisa menaiki bus dari terminal kampung rambutan, jurusan wonosobo terminal mendolo. Untuk harga yang standar biasanya kami menggunakan bus Primajasa, yang biasa nya berhenti sekali di rest area, untuk makan dan sebagainya.

Biasanya untuk biaya primajasa perkiraan Rp. 120.000 sampai Rp. 135.000. tentunya disaat pandemi Covid-19 ini pemerintah membuat peraturan baru, semua masyarakat wajib vaksin agar bisa berpergian kemana-mana, dengan syarat membawa sertifikat vaksin tentunya.

untuk estimasi perjalanan dari terminal Kampung Rambutan ke Terminal Mendolo Wonosobo perkiraan jarak tempuh nya sekitar 6 sampai 7 jam. Persiapkan perbekalan di dalam bus juga yah genk!! hihi

"<yoastmark
Gunung Prau

Terminal Mendolo (Wonosobo) – Patak Banteng (Basecamp Gunung Prau)

Sesampai nya di terminal mendolo, banyak angkutan pendaki yang biasa ngetem di terminal Mendolo, Ada mobil Elf dan mobil bak terbuka, tapi sih saya sarankan Elf saja demi keselamatan dan keamanan kalian yah.

Untuk Elf biasanya muat sampai 15 orang, dan biasanya angkutan ke basecamp itu nunggu penuh pendaki baru berangkat. Oiya untuk carrier kalian akan diletakan di atas elf, mohon berhati-hati dan selalu ingatkan sang supir untuk mengikat yang kencang yah dan lebih baik carrier kalian menggunakan coverbag yah, agar tidak rusak saat terkena gesekan pada saat sang supir mengikat tali nya.

Untuk harga murah kok, perjalanan dari terminal Mendolo ke Basecamp hanya Rp. 20.000, gimana, murahkan??

Basecamp Patak Banteng

Tiba di basecamp Patak Banteng, jika kalian berkunjung ke basecamp Patak Banteng, kalian akan disuguhi perkebunan warga yang sangat indah, dan tentunya keramahan-keramahan warga sangat patut dicontoh.

Seperti biasa, di basecamp kalian diwajibkan untuk membayar simaksi atau tiket pendakian, untuk tiket pendakian kalian hanya membayar Rp. 15.000. wow murah banget bukan?? dan untuk jam operasional tenang saja, penjaga basecamp stay 24 jam selagi gunung Prau tetap buka yah.

Basecamp – Puncak Prau

Jika sudah membayar tiket simaksi, kalian boleh lanjut mendaki, tapi jangan lupa yah, patuhi aturan dari pihak basecamp, dan hargai adat istiadat setempat, bagaimanapun kita adalah tamu disana, tetap jaga kebersihan, dan bawa turun sampah kalian yah.

Untuk perjalanan dari basecamp ke perbatasan perkebunan warga dengan hutan kalian harus menempuh waktu selama 1 jam 30 menit. Lalu dari perbatasan perkebunan dengan hutan ke puncak kalian hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam.

Bagaimana jalur Gunung Prau?

Untuk masalah jalur, jalur gunung prau via patak banteng lumayan menguras tenaga. Meskipun hanya menempuh sekitar 4 jam dari basecamp ke puncak, tapi jalur nya lumayan menanjak dan banyak akar-akar di jalur yang kalian harus hati-hati melewatinya, untuk mengurangi cedera.

Gunung Prau

Tapi, dari jalur pendakian gunung Prau via Patak Banteng, kalian akan melihat pemandangan di atas awan dan juga jika cerah kalian akan melihat Kawah (Kawah Sikidang) meskipun jalur nya lumayan, semua akan terbayar kok di puncak nya.

Kesimpulan

Untuk kalian yang ingin mendaki Gunung Prau Via Patak Banteng dari Jakarta, untuk biaya PP perkiraan sebesar  Rp. 325.000 dengan keterangan (Bus PP -Elf PP -Simaksi). Tentunya diluar dari keterangan diatas yah genk.

Dan untuk estimasi waktu pendakian Gunung Prau via Patak Banteng, membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan menuju puncak dari basecamp.

Untuk estimasi waktu pendakian sesuai dari kemampuan dan diri pribadi masing-masing yah genk, dan estimasi biaya suatu saat bisa berubah-ubah.

Cukup sekian pembahasan dari kami mengenai Estimasi Waktu dan Biaya Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng – Dari Jakarta, semoga artikel ini dapat membantu kalian yang ingin mendaki Gunung Prau dan semoga bermanfaat.

Tetap jaga kondisi dan jaga kesehatan kalian yah pada saat sebelum mendaki dan pada saat pendakian.

Salam Lestari ~Jelajahnusatravel.com

Instagram: @jelajahnusatravel

FB: Jelajah Nusa

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*