Estimasi Waktu Mendaki Gunung Prau | LENGKAP DENGAN BIAYA

Estimasi Waktu & Biaya Mendaki Gunung Prau
Estimasi Waktu & Biaya Mendaki Gunung Prau

Jelajahnusatravel.com– Berikut ini kami akan sampaikan informasi mengenai Estimasi Waktu Mendaki Gunung Prau | LENGKAP DENGAN BIAYA, silahkan simak yah genk!!

Hello Travellers! Siapa nih yang sudah ga sabar buat mendaki gunung yang lagi populer banget di Jawa tengah? Yap, bener banget Gunung Prau merupakan gunung yang sedang menjadi favorit untuk para pendaki. Berikut ini kita akan bahas mengenai Estimasi Waktu Mendaki Gunung Prau | LENGKAP DENGAN BIAYA.

For your infomation, Gunung Prau berada di empat kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut (mdpl). Nah Gunung Prau sendiri memiliki lima jalur pendakian resmi, yakni via Dieng, Patakbanteng, Kalilembu, Dwarawati, dan Wates. Nah, kali ini kita akan bahas Gunung Prau via Wates.

Estimasi Waktu Mendaki Gunung Prau via Wates
Estimasi Waktu Mendaki Gunung Prau via Wates

Basecamp jalur pendakian Gunung Prau via Wates berlokasi di Jalan Candiroto-Kejajar KM 11, Gejungan, Wates, Wonoboyo, Temanggung, Jawa Tengah. Memang jalur pendakian ini tak seramai dengan via Patak Banteng, Ettss tapi tenang aja, jalur via Wates ini memiliki kelebihan berupa pemandangan matahari terbit (sunrise) yang bisa dilihat sepanjang trek pendakian. Sebab, letak jalur ini berada di sisi tenggara Gunung Prau. Selain itu, jalur ini memiliki sumber mata air, dan juga bisa menembus ke sunrise camp Patak Banteng yang ditempuh dengan waktu sekitar 15-30 menit. Menarik bukan

Jakarta-Wonosobo

Untuk kalian yang dari Jakarta, estimasi waktu sekitar 6 jam perjalanan menggunakan bus. Berangkat dari terminal Kp. Rambutan dan tiba di terminal Mendolo dengan biaya perkiraan Rp. 135.000.

Dan dari terminal mendolo, kalian bisa menaiki Elf untuk tiba di basecamp atau kaki gunung prau, dengan biaya Rp. 20.000

Mulai Pendakian

Untuk bisa mendaki melalui jalur Wates ini, pendaki akan melewati 3 pos pendakian sebelum sampai ke camp area dan puncak.

Estimasi waktu mendaki dari basecamp sampai ke puncak, bisa ditempuh selama kurang lebih 2-3 jam perjalanan.

Untuk sampai ke Pos 1 (Blumbang Kodok)

Dari basecamp, pendaki akan menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, di mana akan melewati perumahan penduduk, dan perkebunan yang asri dengan jarak tempuh selama 1 jam perjalanan. Namun, jika tidak ingin lelah, kalian juga bisa menyewa jasa ojek untuk menuju ke Pos 1. Hayo, kalian tim mana nih, tim naik ojek atau jalan?

Kemudian dari Pos 1 ke Pos 2 (Cemaran)

Ditempuh selama 30 menit perjalanan. Jalur dari Pos 1 – Pos 2 terbilang cukup landai, namun kalian akan menemui medan tanah yang dipenuhi dengan akar-akar pohon yang mana jalur ini merupakan wilayah hutan tropis yang cukup lebat.

Selanjutnya dari Pos 2 ke Pos 3 (Sudung Dewo)

Ditempuh kurang lebih 30 menit dengan kontur trek masih sama, namun sedikit menanjak. Namun, disini kalian bisa menemui sumber air berupa pipa-pipa kecil yang mengalirkan air. Jadi kalian ga perlu khawatir kehausan di perjalanan.

Lalu dari Pos 3 ke Camp Area

Dari pos 3 ke area camp kalian bisa tempuh perjalanan selama 45 menit perjalanan. Dari Pos 3 ke Camp Area ini medannya berupa padang ilalang, lalu ada yang disebut ‘tangga cinta’, yaitu jalur yang berbentuk seperti tangga dan naik-turun hingga menuju ke Plawangan, di mana Plawangan berada sebelum Camp Area.

Di Camp Area

Lalu di area camp pendaki bisa mendirikan tenda dan bermalam di lokasi ini sebelum menuju ke puncak keesokan harinya untuk melihat sunrise.

Camp Area ke Puncak

Dari camp area hingga ke puncak, kalian bisa ditempuh selama 30 menit perjalanan.

Oiya untuk estimasi waktu ini bisa tidak sesuai dikarenakan kondisi masing-masing individu berbeda. Oleh karena itu, estimasi waktu ini hanya untuk dijadikan sebagai referensi saja ya Travellers.

Segitu dulu nih informasi mengenai Estimasi Waktu Mendaki Gunung Prau via Wates. Good Luck untuk pendakiannya, Stay safe dan tetap patuhi protokol kesehatan ya Travellers.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*