Cara Mudah Mengisi Ulang Gas Kaleng

 

Ada cara praktis untuk mengisi ulang kaleng gas yang sudah habis terpakai.  Kaleng bisa diisi dengan gas elpiji (70% butane, 30% propane).

 

 

Cara memindahkannya memakai adapter refill  yang di jual di marketplace seperti shopee lazada tokopedia dan lain-lain, harganya diantara 150 – 350 ribu rupiah. Atau dengan cara yang praktis adalah menggunakan adapter dari barang sisa korek api gas yang sudah habis.

 

kaleng gas siap diisi (refill) dengan gas elpiji melon (3 kg) atau strawberry (5 kg).  Sebelumnya kaleng gas didinginkan dalam freezer selama 10 atau 15 menit agar tekanan udaranya lebih rendah dari tekanan udara tabung elpiji sehingga pengisian lebih lancar.

 

Tempatkan tabung elpiji di atas dan dalam posisi terbalik, sambungkan dan tekan ujung kaleng yang sudah dipasang penghubung (adapter) tadi ke lubang tabung elpiji.  Kalau longgar dan gas terbuang keluar bisa ditambahkan lilitan karet gelang pada adapter agar pas dengan lubang tabung gas elpiji.

 

Kalau sudah terisi jangan lupa ditimbang berat isi dan kalengnya sekitar 300 gram, agar isi tidak melebihi kapasitas normal kalengnya.  Proses pengisian ulang galeng gas ini sebaiknya dilakukan di tempat terbuka dan jauh dari sumber api (rokok, kompor, dll).  Selamat mencoba semoga bermanfaat.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*