Wisata Jawatan Benculuk Wonderland Di Kota Banyuwangi

Jelajahnusatravel.com – Mengenal Wisata Jawatan Benculuk Yang Menawan Yang ada Di Banyuwangi.
Mari kita simak ulasan berikut sampai selesai.

Tempat ini menawarkan pesona pemandangan yang bagus, sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto maupun background pre-wedding dengan tema “Nature”. Saat yang tepat apabila ingin menikmati semilir angin yang sejuk dan panorama alam Jawatan adalah pada sore hari. Karena pada sore hari sinar matahari yang menerobos masuk melalui celah-celah pepohonan menjadikan tempat ini tampak menakjubkan. Tak heran jika pada sore hari selalu dipenuhi pengunjung, baik hanya sekedar duduk duduk santai, bersepeda, dan berolahraga.

sumber foto

SEJARAH WISATA JAWATAN BENCULUK

Wisata Jawatan Benculuk mulai didirikan pada tahun 1951 sampai tahun 1962. Berdasarkan data arsip Perhutani pemerintahan Banyuwangi, luas tempat wisata ini dulunya 5,2 hektar. Dan sampai saat ini luas lahan yang tersisa tinggal 3,8 hektar.

Uniknya, Jawatan Benculuk Banyuwangi adalah satu satu nya tempat yang mempunyai sumber tenaga listrik mandiri. Jadi untuk memenuhi kebutuhan energi listrik tempat wisata ini tidak bergantung pada daerah lainnya. Selain itu Jawatan juga masih menyimpan sebuah kereta tua (Sepur Klutuk) kereta tua ini dulunya beroperasi antar kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, mulai dari Kalibaru, Genteng, Purwoharjo, Alas Purwo, Srono, Rogojampi, dan Banyuwangi Kota.
Di beberapa kecamatan tersebut, rel Sepur Klutuk ini masih bisa dijumpai, namun kebanyakan rel sudah banyak yang hilang, baik tertimbun tanah maupun dikarenakan ulah tangan tangan yang tidak bertanggung jawab.


sumber foto

LOKASI DAN TIKET MASUK

Terletak di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Kecamatan Cluring, Desa Benculuk. Lokasi ini juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Banyuwangi. Perjalanan dari Banyuwangi Kota menuju tempat ini memakan waktu kurang lebih 30 menit saja.

Untuk Tiket masuknya anda tidak akan di pungut biaya sedikitpun alias GRATIS.
Bagaimana? Tertarik dengan Tempat Wisata ini ? Yuk rame rame ajak keluarga dan kerabat untuk seru seruan di sana. Gratis loh!

FASILITAS

Adapun beberapa Fasilitas yang ada di daerah wisata ini antara lainya seperti.
Musholla, Toilet, Area Wifi, Lapangan olahraga, Sejumlah Minimarket, Kantin, Dan Sungai Yang bebas untuk anda pancing.

Bagaimana Tertarik untuk mengunjungi Taman Wisata Benculuk ini?
Demikian ulasan yang kami berikan tentang informasi wisata ini.
nantikan info-info tentang tempat wisata lainya.
semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *