5 Campground di Bogor yang jarang orang ketahui

JELAJAHNUSATRAVEL – Ini dia 5 Campground Di Bogor yang jarang orang ketahui

Bogor adalah kota dataran tinggi yang memiliki banyak wisata alam yang menarik. Bogor juga memiliki Gunung yang cukup terkenal diantaranya, Gunung Gede Panggrango dan Gunung Salak. Di Bogor kita juga bisa menikmati beberapa wisata alam menarik salah satunya, campground yang mengasyikan. Berikut adalah 5 Campground di Bogor yang jarang orang ketahui.

  • PINUS KALIMATI CURUG NANGKA
Pinus kalimati curug nangka
Camping Ground Pinus kalimati curug nangka

Berada di kawasan Gunung Salak, traveler dapat menikmati berbagai destinasi wisata menarik, seperti air terjun, danau, hingga sungai. Salah satu destinasi wisata baru yang sedang hits di kaki Gunung Salak adalah Kalimati. Tak hanya Curug Nangka yang memiliki pemandangan menakjubkan di Gunung Salak. Gunung ini juga menyimpan keindahan Sungai Kalimati yang terlihat asri dan natural.

Kalimati berada di Ciapus, Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Tempat ini memang belum banyak diketahui traveler, sebab letaknya yang tersembunyi di tengah hutan.

Untuk tiket masuk nya dan biaya camp perhari nya bisa di cek disini: Harga Tiket Masuk Curug Nangka Bogor

Pinus kalimati curug nangka
wisata alam Pinus kalimati curug nangka

Berwisata di Kalimati, Anda dapat menikmati kesejukan air yang tampak jernih. Saking jernihnya, dasar sungai terlihat dari atas. Arusnya sangat tenang, sehingga Anda dapat berenang dengan nyaman di sini sambil menikmati alam terbuka.

Lokasi

  • CURUG CIPEUTEUY, TENJOLAYA

Salah satu tempat yang bisa digunakan untuk kemcer adalah Curug Cipeteuy. Meskipun dekat dengan curug atau air terjun, tapi di tempat ini ada hutan pinus yang cukup luas untuk berkemah/kemping.

Curug Cipeteuy terletak di Desa Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Curug ini berada di kaki Gunung Salak. Jadi lumayan dingin suhunya dan tentunya air terjunnya. Selain itu, bersebelahan dengan lokasi Curug Cipeteuy, terdapat Situs Sejarah, yaitu Situs Cibalay.

Untuk tiket masuk nya dan biaya camp perhari nya bisa di cek disini: Harga Berkemah dan Wisata di Curug Cipeteuy Bogor

 

Untuk bisa sampai ke tempat ini dari stasiun Bogor, ada 3 rute yang dapat dipilih, yaitu melalui jalan Raya Ciapus, jalan Curug Luhur Indah atau jalan Raya Sukaresmi. Lebih jelas bisa di lihat di peta.

Untuk dapat ke hutan pinus, harus dilalui dengan berjalan kaki sekitar 15 sampai 20 menit dengan jalan berupa tanjakan dan turunan.

Setelah cukup lelah treking, kita dapat menikmati udara segar dan pemandangan memanjakan mata.

Menurut info, di Curug Cipeteuy ini ada 8 curug, tetapi hanya 2 yang jalurnya sudah jelas. Jarak dari hutan pinus ke curug pertama dekat sekali, hanya sekitar 100 meter, sedangkan untuk ke curug kedua sekitar 500 meter.

Fasilitas yang ada di tempat ini cukup lengkap yaitu toilet, tempat sampah, juga warung yang meski tidak buka 24 jam, bisa melengkapi kebutuhan pangan pengunjung. Selain itu, di warung ini juga menyediakan penyewaan Hammock seharga 10 ribu untuk pengunjung yang pulang pergi, dan 20 ribu untuk yang bermalam.

Dengan modal hammock saja, sebenarnya sudah cukup menyenangkan. Tapi akan lebih menarik lagi apabila kemcer dengan keluarga, memasak makanan sendiri, juga mandi air curug yang dingin di pagi hari. Suatu pengalaman luar biasa yang sulit didapatkan di kota-kota besar.

5 Campground Di Bogor yang jarang orang ketahui

  • CURUG CIAMPEA, TENJOLAYA
Curug Ciampea Bogor memiliki banyak pesona yang dapat dinikmati wisatawan. Curug atau Air terjun Ciampea ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Memiliki debit air yang cukup deras dan membentang bagaikan tirai.
.
Curug ini biasa di sebut dengan nama Green Lagoon dengan Air Curug yang sangat jernih dan dingin. Ditambah disekitaran air terjun terdapat pepohonan yang hijau membuat siapa saja betah untuk berlama lama disana.
.
Untuk tiket masuk nya dan biaya camp perhari dan biaya lainnya bisa di cek disini: Harga Tiket Masuk Curug Ciampea
Pemandangan di sekitaran Curug Ciampea memang masih sangat alami, berada di tengah hutan yang masih sangat rimbun mengelilingi curug tentunya sangat memanjakan wisatawan. Air yang mengalir dari curug ini pun terlihat sangat jernih dan dingin pastinya.
.
Di bawah curug terdapat kolam atau lubuk dengan kedalaman maksimal tiga meter yang membuat siapa saja ingin menceburkan diri.
Kolam itulah yang dinamakan dengan Green Lagoon ini memiliki kedalaman sekitar 3 meter.
.
Tidak sedikit wisatawan yang melalukan aktifitas freediving, para wisatawan tanpa takut terantuk bebatuan di bawahnya karena ada kesejukan airnya di permukaan air. Keberadaan Curug Ciampea yang berada di Lereng barat laut Gunung Salak, tentunya disana wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu indah seiring dengan hawa segar yang membawa suasana nyaman dan Ketenangan Hati.
.
Mencari tempat berlibur maka Curug Ciampea bisa menjadi pilihan menarik untuk mengembalikan semangat setelah menjalani hari yang melelahkan.

Fasilitas Curug Ciampea Bogor Jawa Barat

Jika wisatawan sudah membayar Tiket Masuk di Curug Ciampea tentunya akan mendapatkan fasilitas yang lengkap. Fasilitas umum di Curug Ciampea Tenjolaya seperti area parkir, toilet, ruang ganti, hingga tempat ibadah / mushola juga telah disediakan dengan baik.
.
Di tempat ini juga tersedia beberapa gazebo untuk wisatawan istrahat setelah puas bermain di Green Lagoon.
.
Sambil melepas lelah wisatawan juga dapat memesan menu kuliner di berbagai stan makanan di Curug Ciampea. Jika wisatawan ingin merasakan bermalaman ditengah alam, bisa mendirikan tenda untuk Bercamping atau ngecame di Curug Ciampea.

lokasi bisa klik disini

  • CURUG HIJI, GUNUNG MALANG

Untuk menuju Curug Hiji cukup mudah, para pengunjung dapat memnggunakan mobil atau motor langsung ke area parkiran masuk curug hiji.

Meski untuk masuk lebih dalam hanya bisa menggunakan motor tapi pengunjung tak perlu takut sebab beberapa rumah warga dapat dijadikan parkir untuk mobil para pengunjung yang datang.

Saat tiba di Curug pengunjung dapat menikmati beberapa kegiatan wisata seperti camping atau berkemah dengan biaya Rp40.000 – Rp50.000 .

Sementara itu untuk parkir pun hanya dikenakan biaya Rp 2000 – Rp3000 per motornya dan Rp 5000 – Rp 10.000 per mobil.

Di Curug Hiji sendiri terdapat lokasi yang biasa dijadikan sebagai tempat berkemah atau biasa disebut sebagai lokasi bumi perkemahan Curug Hiji, disini terdapat camp yang sering digunakan oleh wisatawan untuk berkemah sendiri atau berkelompok.

Lokasi tempat camp dan curug pun juga tidak terlalu jauh hanya memerlukan sekitar 20 menit waktu perjalanan, pengunjung bisa datang hanya untuk menikmati pemandangan Curug Hiji atau sekaligus berkemah.

Saat tiba di Curug Hiji pengunjung akan disambut dengan pemandangan pepohonan pinus yang menjulang tinggi, udara yang sejuk, asri dan juga suara alam seperti burung, aliran sungai dan lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan bumi perkemahan Curug Hiji pun bisa dibilang cukup lengkap.

Sudah tersedia dua toilet di camp 1 dan camp 2 yang masing-masing terdiri dari 3 toilet dan kamar mandi, lapangan perkemahan, lahan parkir motor, jalan setapak untuk menuju Curug Hiji, selain itu terdapat musholla yang dekat

dengan pemukiman warga.

 

lokasi bisa di klik disini

5 Campground Di Bogor yang jarang orang ketahui

  • PASIR LUHUR, PAMIJAHAN

Bogor banyak sekali menyimpan atau tempat berbagai macam jenis camping, mulai dari tempat camping murah, tempat camping untuk keluarga sampai tempat camping dengan fasilitas bintang lima atau biasa di sebut glamour camping.

Tak heran jika kota hujan ini banyak di jumpai area camping atau bumi perkemahan lengkap dengan segala fasilitasnya. Namun jika mencari lokasi camping murah meriah dengan fasilitas yang cukup, gue punya rekomendasi, namanya Pasir Luhur Campsite Bogor.

Pasir Luhur Campsite Bogor merupakan hutan pinus yang masih satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lokasinya berada di kecamatan Pamijahan Bogor, lumayan jauh jika mengakesnya dari pusat kota. Menariknya banyak sekali keunggulan yang dimiliki. Diantaranya murah meriah, fasilitas cukup memadai, suhu yang sejuk dan dikelilingi banyak curug.

Disini terdapat 3 blok area camping, masing-masing bloknya dikelilingi hutan pinus.

Pasir Luhur Campsite dikelola langsung oleh balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Sayangnya akses menuju kelokasi lumayan sulit. Selain itu, lokasi ini kerap dijadikan sebagai tempat pendidikan, edutrip, outbond, trekking, dan kegiatan alam terbuka lainnya.

Untuk fasilitas tak perlu khawatir, sudah tersedia toilet, mushola, rental alat camping, warung 24 jam dan lampu penerangan. Semua fasilitas dirawat dan dikelola dengan baik. Kedepannya menurut petugas akan dibangun beberapa spot foto untuk menarik minat pengunjung.

Ada cerita menarik tentang peran warung yang siaga 24 jam. Info dari petugas, tidak mudah untuk penduduk sekitar diizinkan mendirikan warung di area Pasir Luhur Campsite, alasannya karena kebersihan.

Mereka benar-benar ingin menjaga lingkungan dari sampah-sampah yang biasa dihasilkan jika banyaknya warung yang berdiri. Warungnya hanya satu, tapi tenang kamu mau apa, perlu apa, mereka siap membantu memenuhi kebutuhan pengunjung.

Lokasi bisa klik disini 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*