Taman Nasional Baluran banyuwangi jawa timur

jelajahnusatravel.com

Ada yang pernah berkunjung ke Banyuwangi? Wilayah Jawa timur paling ujung ini menjadi sebuah kawasan destinasi yang wajib untuk kalian kunjungi. Lantaran Pesonanya yang luar biasa indahnya. Wilayah yang memiliki julukan sunrise of java ini tidak hanya indah saja. Melainkan esoktis apalagi, dengan keindahan festival tradisionalnya.

Saking indahnya, ada salah satu kawasan yang dijuluki dengan sebutan “Little Africa In Java’ dari sini, apakah sobat native sudah tahu dimanakah objek wisata tersebut? yaa jawabanya yaitu Taman nasional Baluran.

Taman nasional Baluran ini pun banyak sekali memiliki keindahan yang sangat luar biasa indahnya,memiliki berbagai macam ekosistem flora dan fauna. di banyuwangi juga kurang lebih ada 3 taman nasional lainya yang berdiri dan dijadikan sebagai objek wisata unggulan disana. salah satunya ialah Taman Nasional Baluran yang banyak orang menjuluki sebagai little africa in java.

Luas kawasan ini kurang lebih 25.000 ribu hektar yang di hiasi ke indahan alamnya.
nah disini kalian bisa bertemu dan melihat berbagai macam hewan hewan yang masih di lindungi oleh taman nasional.

Di taman nasional ini Banyak sekali hewan yang hidup bebas dan liar disana tanpa ada yang terganggu oleh aktivitas manusia dan lain lainya,disana mereka bebas hidup dan berkembang biak secara alami,dan bebas berkeliaran kesana kemari,disini kalian bisa melihat dan berkenalan dengan hewan hewan yang di lindungi seperti banteng,kerbau,rusa,kera berekor panjang dan masih banyak yang lainya.

Nah taman wisata ini pun juga punya Hutan Musim.

Hutan ini akan menyambut wisatawan yang datang ke sini setelah melewati pos penjagaan. Nah, yang dimaksud dengan hutan musim adalah hutan yang akan berubah-berubah sesuai dengan musimnya,

Saat musim penghujan, kalian akan disuguhkan pesona hijaunya pepohonan. Tetapi,bila wisatawan datang pada musim kemarau, wisatawan akan dihibur dengan kondisi gersang. Warna coklat dengan dedaunan yang seakan rontok.

selain Hutan musim objek wisata ini pun punya Hutan Evergreen.

hutan disini dalam kondisi subur. Bukan musiman seperti yang diatas. Jadi, kapan pun sobat native datang, hutan ini akan selalu tampak hijau dan menggemaskan.

Tanah di hutan ini memang cukup subur. Disini ada sebuah aliran sungai yang berfungsi sebagai cadangan air untuk tumbuhan. Itulah sebabnaya mengapa kawasan ini lebih terbilang hijau eksotis dari pada yang sebelumnya.

Disini,kalian harus berjalan kurang lebih 3 kilometer menuju ke kawasan selanjutnya.dan disini kalian bisa merasakan bagaimana sejuknya kawasan ini serasa suasana yang sangat nyaman Apalagi saat panas terik matahari menyengat, berteduh di tempat ini adalah sebuah kewajiban.

Ada juga yang namanya Savana Bekol.
Savana bekol memiliki sifat hampir sama dengan hutan musim. Dimana saat musim penghujan kawasan ini memiliki pesona hijau nan menawan. Biasanya, di saat musim penghujan ada banyak hewan yang bisa dilihat seperti rusa yang sedang makan rerumputan.

Disarankan, bagi wisatawan yang berkunjung ke sini untuk berhati-hati. Lantaran ini adalah alam bebas. Bisa-bisa bertemu dengan ular atau sekawanan banteng yang sedang datang. Lebih baik, kalian berhenti dan biarkan mereka lewat terlebih dahulu. Atau jika bertemu dengan ular tenang dan coba jangan panik

Jika, tidak ada halangan, kawasan ini memang mempesona. Tetapi, saat hewan datang tempat ini bisa membuat jantung berdebar dengan kencang. Salah satu kunci yang memang harus diperhatikan adalah jangan panik bila bertemu dengan hewan liar.

Alamat Taman Nasional Baluran berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur. Kawasan ini memang perbatasan antara kabupaten banyuwangi dan situbondo.

Jadi, apabila kalian ingin pegi ke tempat ini.kalian hanya perlu mengikuti jalur Banyuwangi – situbondo. Kawasan ini berada di sepanjang jalan. Mudah bukan? Atau kalian juga bisa menggunakan bus yang berangkat dari terminal banyuwangi dengan tujuan situbondo. Kemudian, turun di depan Taman Nasional Baluran.

Untuk harga tiket masuk Taman Nasional Baluran ini terbilang cukup terjangkau oleh kalian.

Harga tiket masuk disini cukup murah di hari weekday, kalian hanya cukup membayar 15 ribu rupiah. Kalau wisatawan mancanegara harus membayar 150 ribu rupiah.

Jika, hari libur maka kalian akan dikenakan uang tiket sebesar 17.500, untuk wisatawan asing akan ditarik 225 ribu rupiah.

Taman Nasional Baluran adalah kawasan yang memang sangat mempesona dan esoktis untuk dikunjungi. Berada disini harus siap lahir dan batin. Apalagi, jalanan disini memang kurang bersahabat. Ayo ajak keluarga, sahabat, dan teman terdekat kalian untuk menikati ke indahan Taman Nasional Baluran yang sangat indah ini.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *