Sukses Menjadi Pedagang Kaki Lima Apa Bisa?

jelajahnusatravel.com
sumber foto :megapolitan.kompas.comĀ 

Menjadi pedagang kaki lima (PKL) di pinggir jalan ternyata juga memiliki peluang sukses loh. Mau tahu caranya? Simak ulasan berikut ini.
Persaingan kerja di era globalisasi ini semakin ketat, tak ayal hal ini menyebabkan orang-orang harus berpikir cerdas untuk bisa bertahan demi mencari pemasukan.

Mencari lapangan kerja kini sudah semakin sulit, baik itu dari proses rekrutmennya hingga tekanan yang dihadapi para pelamar kerja. Banyak dari para milenial yang justru enggan untuk bekerja di perusahaan dan memilih untuk membuka usaha sendiri. Salah satu bisnis yang banyak digeluti adalah kuliner dan banyak dari mereka yang menjadi pedagang kaki lima.

Para pelaku usaha kaki lima biasanya menjajakan kebutuhan sehari-hari kepada pejalan kaki di seperti makanan, minuman, baju, ataupun jasa yang membutuhkan modal tak begitu besar dan berjualan di pinggir-pinggir jalan. Sejauh ini usaha kaki lima di bidang kuliner banyak jadi pilihan karena cukup menjanjikan. Lantas apakah dengan menjadi pedagang kaki lima bisa sukses?

DIBUTUHKAN MENTAL YANG KUAT

Ide kreatif saja masih belum cukup sebagai modal menjadi pengusaha. Mental kuat serta sikap yang tahan terhadap tekanan menghadapi ketidakpastian suatu kondisi dalam berbisnis harus dimiliki pelaku usaha.

Berbeda halnya dengan seseorang yang bekerja di suatu perusahaan, dimana setiap bulannya mendapat gaji tetap dan jenjang karir pun jelas. Sementara ketika kamu memutuskan untuk menjadi pengusaha, semuanya serba tidak jelas,dan hanya dirimu sendiri yang bisa membuat semuanya jelas.

Maksudnya tidak ada jaminan setiap bulan kamu akan menerima pemasukan yang jumlahnya sama. Tidak ada yang namanya karir dan segala sesuatunya kamu yang memulai nya sendiri dari awal.

Pedagang kaki lima tentu sudah akrab di kehidupan sehari-hari, di mana-mana bisa kita temukan mereka yang berjualan kaki lima. Dengan kata lain, bisnis ini bisa dilakukan oleh siapapun tanpa melihat latar belakangnya, asalkan punya ketekunan dan sabar.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bisnis kuliner selalu jadi daya tarik tersendiri karena modalnya yang relatif murah. Inilah alasan kenapa usaha kuliner kaki lima jadi peluang usaha yang cukup sangat menjanjikan.

Namun, untuk bisa mencapai kesuksesan itu memang tidak mudah. Seiring berjalannya waktu, pelaku usaha tersebut tentu akan belajar banyak hal sehingga bisa memperbesar usahanya. Kendati demikian, ada tips-tips yang bisa jadi kunci sukses menjadi pedagang kaki lima. Apa saja itu?

Kunci Sukses Dalam Membuka Usaha Kaki Lima

Meski terlihat sepele, namun untuk bisa menjadi pedagang kaki lima yang sukses dibutuhkan tips-tips sebagai penopang agar tidak mudah menyerah dalam menghadapi tekanan. Selain perlu modal usaha, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha kaki lima, yaitu:

– Membangun kemampuan dalam bersaing –

Seperti yang kamu tahu, pedagang kaki lima ini banyak sekali. Tentu mereka ini akan menjadi pesaing kamu dalam memulai usaha, namun kamu harus bisa membangun kompetensi yang baik dengan kompetitor.

Sebagai pesaing, jangan memperlakukan kompetitor kamu dengan negatif seperti mencurigai atau menghindari mereka. Akan tetapi jadikan kompetitor kamu sebagai rekan dan penyemangat yang akan mendorong kamu untuk bisa belajar dan lebih kreatif lagi.

– Menciptakan Loyalitas Pelanggan –

Kualitas pelayanan saat konsumen pertama kali mengunjungi warung atau kedai akan jadi hal yang menentukan tanggapan mereka terhadap bisnis kamu.

Jika konsumen merasa puas, maka akan sangat mungkin bagi mereka untuk datang lagi dan jadi pelanggan kamu. Mereka pun tak akan segan untuk merekomendasikan ke teman-teman atau kerabatnya apabila pelayanan yang diberikan sangat baik.

Selain itu menerima kritikan dan masukan dari konsumen dengan sikap yang terbuka jadi salah satu kualitas pelayanan yang kamu berikan kepada mereka sehingga merasa lebih dihargai.

– Tentukan Strategi Pemasaran yang Tepat –

Pemasaran sangat penting dalam berbisnis, apapun bidang dan jenis usahanya. Strategi pemasaran yang tepat akan berpengaruh terhadap keberhasilan usaha, begitu pula dengan pedagang kaki lima.

Pilih lokasi yang tentunya bisa dijangkau oleh konsumen, artinya tidak sulit untuk mencarinya. Selalu jaga kebersihan tempat usaha kamu supaya konsumen merasa nyaman. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi.

Kamu tahu kan dengan beberapa kasus tempat makan atau kuliner kaki lima di kota Yogyakarta yang jadi kontroversi dan menjadi viral video karena pedagang memanfaatkan situasi alias aji mumpung. Ya, mereka menaikkan harga semena-mena kepada siapapun yang datang, terutama turis.

Untuk itu, berikan harga yang terjangkau kepada konsumen dengan tidak membeda-bedakan apakah warga lokal atau wisatawan. Selalu berlakulah jujur di tempat usaha kamu, cantumkan harga supaya konsumen merasa nyaman. Jika usaha kaki lima kamu sudah berhasil, untuk ingat selalu menjaga mutu dan kualitasnya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*