Keindahan Air Terjun Madakaripura Probolinggo

jelajahnusatravel.com

Surga dunia yang tersembunyi…
Simak ulasan Berikut sampai selesai yaa.

Sebagai seorang mahapatih kerajaan, Gadjah Mada tentunya sangat sakti. Agar memperoleh kesaktian itu, dia gemar melakukan latihan dan semedi. Salah satu lokasi yang diyakini sebagai tempat pertapaan Gadjah Mada adalah Air Terjun Madakaripura.

Air Terjun Madakaripura berada sekitar 30 kilometer arah selatan Kota Probolinggo. Untuk menuju ke sana, pengunjung bisa mengendarai kendaraan roda empat atau roda dua. Begitu sampai di lokasi, Perjalanan sejauh 3 kilometer hanya bisa dilalui kendaraan roda dua hingga menuju pos tiket. Dan kendaraan roda dua juga harus diparkir di tempat penitipan. karena akses menuju air terjun hanya bisa di lalui dengan Tracking.

Tracking sekitar 1,3 kilometer. Melewati bibir sungai . Sepanjang perjalanan, pengunjung akan terus dimanjakan indahnya hamparan pegunungan dan hijaunya pepohonan. Ada beberapa pos pemberhentian yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk beristirahat sejenak.

sumber foto

Tetapi, tenang saja. Tidak ada tanjakan yang berarti dalam perjalanan menuju air terjun meski harus tetap waspada. Paling cepat 15 menit perjalanan dari pos tiket sampai lokasi, Sekitar 300 meter sebelum sampai Air Terjun Madakaripura, pengunjung harus melewati ngarai.
Dari sanalah rasa lelah terbayar lunas. Dari sisi kiri tebing, kucuran air yang menyerupai tirai menyambut pengunjung.

sumber foto

Kondisi sekitar masih sangat alami. Udara yang masih segar terasa sejuk   menemani pengunjung melintasi jalan utama menuju lokasi wisata. Tanaman dan bunga liar tumbuh subur. Membentuk lukisan alam yang selalu sukses menyejukkan mata. Tidak hanya itu, sesekali, burung-burung liar nan cantik menyapa dari sela-sela pepohonan.

Dengan ketinggian sekitar 200 meter, tetesan air terjun tertinggi di Pulau Jawa itu bisa berhamburan ke segala arah akibat tertiup angin. Percikannya akan membasahi wajah dan kulit setiap pengunjung. Rasanya begitu segar sekaligus menghapus lelah.

Mendekati titik air terjun, lembah sungai menyempit semacam ngarai dan wisatawan disarankan memakai jas hujan. Karena meski cuaca cerah, sekitar air terjun terasa seolah sedang turun hujan.

sumber foto

Menyusuri Pesona Keunikan Air Terjun

Kekhasan dari Air Terjun Madakaripura adalah bentuk tebing di sekelilingnya yang menyerupai ceruk. Ceruk dan bukit ini membuat wisatawan seolah berada di dalam botol. Guyuran air di air terjun ini tidak hanya berjumlah satu, tetapi hampir merata di semua bagian tebing.

Hal tersebut membuat guyuran air menyerupai rintik hujan, yang terkadang membentuk pelangi. Air tidak hanya di air terjun utama, tetapi juga dari tepian tebing yang menyempit. Beberapa diantaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi, setidaknya empat air terjun pendamping.

Lokasi Air Terjun Madakaripura

Wisata air terjun ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tepatnya Di desa Sapih Branggah, Lumbang  Probolinggo, Jawa Timur 67183.

Demikian ulasan kami tentang Air Terjun Madakaripura
Tunggu ulasan berikutnya tentang informasi wisata cantik lainnya.
Semoga Bermanfaat.
– Selamat Berlibur –

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *