CITA RASA KOPI LOKAL KHAS BOGOR

Jelajahnusatravel.com – Bogor

Mungkin sangat asing bagi kalian mendengar kopi khas daerah Bogor. Kopi Ciputri, kopi ini asli dari daerah pegunungan tepat nya di gunung Salak. Dalam sejarahnya pada masa kolonial Belanda daerah ini sudah memproduksi kopi sendiri hingga sekarang.

Pak Abeng adalah petani kopi yang masih memproduksi dan mempertahankan kopi khas Bogor ini.

Kopi ini memliki jenis Robusta,tumbuh pada dataran yang lebih rendah dan suhu lebih tinggi. Produksi kopi Robusta menyumbang sekitar 30% dari total produksi kopi di dunia, dimana Vietnam adalah negara pengekspor terbesarnya. DariĀ statistik, tahun 2017 dan 2018, produksi kopi Robusta di seluruh dunia mencapai sekitar 64.89 juta (standar 60kg).

Tanaman kopi Robusta jauh lebih mudah untuk ditanam dan dirawat, bahkan dapat memberikan hasil panen yang lebih banyak dibandingkan Arabika. Rahasia ketahanan tanaman kopi Robusta juga terletak pada kandungan kafein dan asam klorogeniknya yang tinggi, yang berfungsi sebagai pestisida alami untuk melindungi diri dari serangan hama dan penyakit. Hal ini juga menjadi alasan utama mengapa dari sisi harga, Robusta jauh lebih murah dibandingkan Arabika. Robusta tidak repot dan mudah sekali ditanam dibandingkan Arabika.

Untuk rasa kopi ciputri ini ga usah diragukan lagi. Dengan cita rasa kopi yang pahit atau tajam. Pahit atau bitter ini berasal dari kandungan kafein yang lebih tinggi pada Robusta jika dibandingkan dengan Arabika. Jika Anda hanya sekedar mencari kafein Robusta adalah pilihan terbaik dan kopi ciputri lah pilihan terbaik.

Nah, segitu dulu yah pembahasan nya mengenai CITA RASA KOPI KHAS CIPUTRI, semoga bermanfaat.

Jangan lupa menjaga kesehatan yah, dan tetap memakai masker.

see you geennkkkk.

Jangan lupa share yah keteman-teman kalian.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*